Press "Enter" to skip to content

10 Aturan Hukum Yang Terkategori “Aneh” di Jerman

Pernah mendengar atau membaca aturan hukum yang dirasakan menggelikan atau aneh? Setiap negara bangsa mempunyai aturan hukum yang berbeda sesuai kondisi masing masing negara bangsa. Berikut ini adalah aturan hukum yang terkategori “aneh” yang berlaku di Jerman, tapi tidak berlaku secara umum karena tiap negara bagian di Jerman punya aturan masing masing.

1. Bersepeda motor sembari mabuk

Mabuk tidak dilarang, yang dilarang adalah berkendara motor sambil mabuk dan melebihi batas aman alkohol saat berkendara (level alkohol 1.6 % atau lebih) berdampak serius di Jerman. Pihak berwajib Jerman tidak hanya akan menahan Surat Izin Mengemudi, namun mereka juga akan memerintahkan untuk mengikuti MPA (Medical Psychological Asessment). Jika gagal lolos mengikuti MPA, maka pihak berwajib akan secara otomatis mencabut SIM. Setelah itu memerlukan waktu beberapa tahun untuk mengikuti terapi sebelum lolos dalam MPA tahunan yang diselenggarakan.

2. Mengenakan topeng saat demonstrasi

Suatu hal yang ilegal jika mengenakan topeng saat mengikuti demonstrasi yang berkaitan dengan politik. Hukum di sana mengatakan bahwa, pendemo dilarang mengenakan topeng penutup wajah jika mengajukan protesnya.

3. Bantal adalah senjata pasif

Bantal dapat dikategorikan sebagai “senjata pasif”, menurut hukum Jerman. Senjata pasif adalah sesuatu yang dipergunakan untuk melindungi diri dari serangan senjata lain seperti halnya rompi anti peluru. Maka diberitahukan, jika suatu waktu anda terlibat dalam perkelahian menggunakan bantal dengan warga negara Jerman, janganlah menyerang mereka dengan keras menggunakan bantal, hal itu dapat menuntun anda ke tuntutan hukum.

4. Jendela di kantor

Setiap kantor mesti mempunyai pandangan ke luar atau ke langit seberapapun kecilnya. Dengan kata lain, semua kantor harus mempunyai jendela dengan ventilasi yang bagus. Meskipun hukum tidak mengatur secara tegas tentang hal ini, namun menurut aturan hukum ketenagakerjaan, pemberi kerja berkewajiban untuk mengatur atau menata kantornya agar tidak membahayakan pekerjanya dan agar tetap sehat. Maka menurut orang Jerman tidak mungkin jika suatu kantor tidak ada jendelanya.

5. Dilarang menggali di hari Minggu

Bagi orang Jerman saat istirahat adalah waktu yang penting, dimana perniagaan tutup dan orang berjalan santai dan tentu saja tidak ada aktivitas penggalian yang mengganngu. Suatu hal yang melanggar hukum jika ada aktivitas penggalian di hari Minggu. Yang perlu diperhatikan juga adalah aktivitas membuang botol dengan melemparnya ke tempat sampah juga dilarang diluar jam tertentu.

6. Memainkan piano malam hari

Orang Jerman menyukai ketenangan dan hal yang sangat dilarang jika ada yang memainkan piano di rumah pada malam hari.

7. Pembersih Cerobong Asap

Suatu hal yang melanggar hukum jika menolak keberadaan petugas pembersih cerobong asap untuk memasuki rumah jika diperlukan. Aturan ini awalnya diperkenalkan pada abad pertengahan, namun aturan terkini mengacu kepada aturan Reich ketiga. Di masa lalu, Hitler juga memanfaatkan petugas ini dengan memberikan gaji tetap dan menempatkannya di distrik untuk memata matai warga negara.

8. Berlaku sopan terhadap polisi

Jika anda sedang belajar bahasa Jerman, maka pastikan jangan mencampurkan kata “du” yang berarti kamu dan “Sie” yang berarti anda, saat berbicara dengan petugas polisi atau pegawai pemerintahan lainnya. Di Jerman menggunakan kata informal “du” daripada kata “Sie” adalah melanggar hukum dan dapat dikenakan denda hingga 600 euro.

9. Dilarang menyanyikan hanya bait pertama lagu kebangsaan Jerman

Suatu hal yang ilegal jika menyanyikan hanya bait pertama dari lagu kebangsaan Jerman. Bait pertama dimulai “Germany, Germany above everything”. Itu dipergunakan sebagai lagu kebangsaan saat Nazi berkuasa pada Reich ketiga dan kemudian dilarang digunakan saat berakhirnya perang dunia ke II. Deutsschland Lied menjadi lagu kebangsaan sejak 1922. Joseph Hayden menuliskannya pada 1979 dan kemudian ditulis ulang sesuai puisi dari August Heinrich Hoffmann pada 1841.

10. Bir di Oktoberfest

Penggemar acara tahunan di Oktoberfest akan senang untuk mengetahui bahwa hanya bir yang sesuai hukum adat Jerman yaitu yang terbuat dari ramuan perpaduan air, buah hop, ragi dan malt yang diperbolehkan pada acara di Munich itu dan bukannya bir dengan ramuan lain.

Sumber : www.thelocal.de

Share your vote!


Do you like this post?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid
.

Copyright © 2020 Yuridis All Rights Reserved