ACCC theage.com .au  - ACCC Mengkaji Regulasi Tentang Mobile Voice dan Penghentian SMS

ACCC Mengkaji Regulasi Tentang Mobile Voice dan Penghentian SMS

Pihak The Australian Competition and Consumer Commission (ACCC) telah mengadakan penyelidikan apakah akan terus melanjutkan pengaturan tentang mobile voice dan penghentian sms. Pada saat ini pihak ACCC telah menetapkan harga standar bahwa Mobile Network Operator (MNO) dapat menagih harga lainnya saat pelanggan membuat panggilan atau mengirimkan sms ke suatu pelanggan dari MNO.

Regulasi itu diperlukan karena setiap MNO secara efektif telah memonopolinya saat pelanggan mengaksesnya. Pada 1997, pihak ACCC pertama kalinya telah menerbitkan Domestic Termination Access Service (MTAS), yaitu regulasi untuk mengatur penghentian panggilan suara pada mobile network di Australia. Selanjutnya pada 2014, aturan itu bertambah lagi tentang pengaturan di layanan sms, seperti dikabarkan oleh computerworld.com.au.

Pada 2014, pihak ACCC memberikan keputusan kalau perusahaan telekomunikasi mempunya hak untuk menolak atau mengatur persyaratan yang tidak beralasan dalam hal akses ke penghentian layanan jika tidak ada mekanisme deklarasi. Mekanisme deklarasi adalah layanan yang diatur oleh ACCC untuk mengatur pelayanan telekomunikasi.

Meskipun pihak ACCC menyatakan sebaliknya, deklarasi MTAS terbaru akan berakhir pada 30 Juni 2019. Menurut Komisioner ACCC, Cristina Cifuentes, konsumen dapat memilih layanan Over The Top (OTT) untuk melakukan panggilan atau mengirimkan sms. Layanan Over The Top adalah layanan dengan konten berupa data, informasi atau multimedia yang berjalan melalui jaringan internet. Bisa dikatakan juga layanan OTT adalah “menumpang” karena sifatnya yang beroperasi di atas jaringan internet milik sebuah operator telekomunikasi

Pada suatu discussion paper yang merupakan bagian penyelidikan menyatakan kalau layanan OTT tidak dipertimbangkan untuk mengangkat layanan suara pengganti secara penuh. Lalu pihak pengawas persaingan tidak melihat dasar diperlukannya regulasi untuk memulai atau memutus fungsi dari layanan OTT.

Dalam upaya kepatuhan terhadap studi pasar komunikasi dari ACC, pihak Telstra dan TPG mengindikasikan bahwa mereka meyakini kalau tidak memerlukan lagi regulasi tentang penghentian sms, sedangkan Macquarie Telecom, Vodafone dan MessageMedia mendukung untuk tetap diberlakukannya regulasi tersebut.

Catatan dalam studi yang diterbitkan pada April 2018 lalu itu juga menyatakan kalau layanan OTT dan sms memberikan penekanan terhadap layanan tidak bergerak, panggilan suara dan layanan smsm dengan memberikan kepada konsumen alternatif biaya yang murah, dan sepertinya mempengaruhi pergerakan terhadap panggilan tidak terbatas dan pemasukan layanan sms terkait layanan yang relevan.

Do you like this post?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid
Copyright © Yuridis 2018, All Rights Reserved I Ad Infinitum