Press "Enter" to skip to content

Bernie Ecclestone, CEO Formula One Digugat

Penggemar olahraga jet darat formula one mestinya mengenal sosok Bernie Ecclestone, kiprahnya dalam menyelenggarakan seri olahraga adu cepat kendaraan di berbagai sirkuit kelas dunia layak diacungi jempol. Olahraga yang dikenal mahal ini membutuhkan dana yang luar biasa besar dan dengan dukungan sponsor yang terseleksi. Dengan kemajuan teknologi, baik teknologi informasi, mesin dan manufakturing, formula one kian menghibur penggemarnya, maka tak ayal seri formula one selalu dinantikan.

Namun dibalik gelaran seri yang panjang dan cukup melelahkan bagi pembalap dan tim yang berlaga, ternyata urusan dapur manajemen formula one membuka tabir bahwa ada perkara hukum yang terjadi. Perusahaan media yang berbasis di Jerman, Constantin Medien AG (EV4), yang juga mempunyai andil investasi di grup manajemen formula one, menggugat Ecclestone karena mengalami kerugian sebesar 171 juta dollar AS, menurut mereka kerugian terjadi karena transaksi penjualan saham yang dinilai lebih rendah dari harga pasar. Bloomberg memberitakan bawah penjualan saham sebesar 47 persen tersebut dijual kepada, CVC Capital Partners Ltd, suatu perusahaan privat equity, senilai 814 Juta dollar AS pada 2005, namun transaksi tersebut dilakukan tanpa ada pengumuman pemasaran, penilaian independent atau pengajuan penawaran yang bersaing.

Selain itu juga keterlibatannya pada perkara Gerhard Gribkowsky di Jerman, Ecclestone didakwa melakukan penyuapan pada 2005, suap kepada Gribkowsky sejumlah 44 juta dollar AS. Waktu itu Gribkowsky bertindak sebagai pengelola Bayerische Landesbank’s yang turut membantu memfasilitasi dalam penjualan saham formula one. Yang lantas kemudian menyembunyikan transaksi pembayarannya dengan menggunakan offshore company di Mauritius dan di British Virgin Island dan bersinggungan pula dengan adanya “dokumen palsu”. Atas perbuatannya Gribkowsky sudah dinyatakan bersalah di Pengadilan Munich, karena menerima suap dan dihukum 8,5 tahun penjara. Lain di Jerman, pengadilan Inggris bersama dengan penuntut dari Swiss juga sedang melakukan investigasi mengenai kemungkinan ada pelanggaran hukum yang juga dilakukan di negara tersebut, seperti dilansir bloomberg.

Sementara itu pada laman bbc, pengacara Ecclestone, Robert Miles QC menyatakan bahwa gugatan Constantin salah pada setiap elemennya, tidak ada konspirasi dan tidak ada kehendak untuk merugikan Constantin, dan juga Constantin tidak mengalami kerugian. Mengenai Gribwosky, pada waktu itu di atur bahwa Gribwosky akan memberikan “paket konsultasi”. Sudah diatur juga bahwa Gribwosky akan diberikan pembayaran atas paket konsultasi yang diberikannya. Namun Ecclestone malah menerima ancaman terkait urusan pajak.

Ecclestone sendiri mengelak melakukan suap, karena dia merasa diancam dan diperas oleh Gribkowsky yang akan melaporkan ke kantor pajak di Inggris mengenai dana keluarga. Menurutnya bukan kali itu saja dia diperas dan dia tidak melaporkannya ke polisi.

Share your vote!


Do you like this post?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid
.

Copyright © 2020 Yuridis All Rights Reserved