redaksi October 19, 2016
Lokasi penembakan hakim Vicente Antonio Bermudez Zacaria - Di Meksiko, Hakim Pemeriksa Perkara Kartel Narkoba Tewas Ditembak
Lokasi penembakan hakim Vicente Antonio Bermudez Zacaria-image/aljazeera.com/arsip

Menurut keterangan dari pihak Mahakamah Agung, Hakim federal Vicente Antonio Bermudez Zacaria tewas ditembak di bagian kepala, berlokasi di Metepec, dekat Mecixo City pada Minggu (18/10), namun motif pembunuhan belum diketahui. hakim tersebut menangani kasus kartel narkoba.

President Enrique Pena Nieto mengutuk aksi pembunuhan tersebut dan memerintahkan kantor kejaksaan untuk memulai investigasi. Reforma, media lokal di Meksiko memberitakan Bermudez sedang melakukan olahraga sewaktu peristiwa penembakan itu. Menurut Eruviel Avila, Peritiwa itu terekam oleh kamera keamanan.

Menurut pemberitaan romper.com, Zacaria, berusia 37, dibunuh oleh dua orang di Metepec yang berlokasi 30 mil diluar Meksiko. Satu orang menembak Zakaria di kepalanya dalam jarak dekat, dan seorang menunggu di sepeda motor. Zakaria kemudian dibawa ke rumah sakit, namun menghembuskan nafas terakhirnya dalam perjalanan.

Menurut informasi dari John Holman, dari Al Jazeera yang melaporkan dari Meksiko, Hakim bukanlah target pembunuhan, jika dilihat dalam beberapa tahun terakhir. Target pembunuhan adalah polisi, politisi dan pejabat pemerintahan, namun hakim tidak menjadi target pembunuhan. Maka dari itu hal ini menjadi berita yang mengejutkan dan sesuatu sedang terjadi di Meksiko.

Diketahui, pengadilan sedang memeriksa perkara terkait organisasi kejahatan, namun motif pembunuhan ini belum diketahui secara pasti.

Perkara yang diperiksa oleh Bermudez melibatkan Kartel Narkoba Los Cuinis dan perkara penyelewengan pajak oleh Naim Liben Kaui, seorang pebisnis yang keluarganya tersangkut oleh jaringan narkoba.

Sebelum memulai dengar pendapat, Luis Maria Aguilar Morales, Ketua Mahkamah Agung Meksiko menyatakan bahwa pihak yang berwenang mesti memastikan keselamatan para hakim.  Aguilar juga mengatakan, hakim federal adalah orang orang yang mendedikasikan hidupnya, dengan integritas moral dan fisik untuk melayani lembaga peradilan di Meksiko. Maka dari itu hakim memerlukan keamanan dan kedamaian yang dapat menjamin independensi mereka.

Do you like this post?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid