redaksi August 15, 2018
Wisuda Mahasiswa di Australia Wake Forest University School of Law Flickr - Karena Perubahan Kebijakan Era 1980 an, Australia Sekarang Punya Banyak Sekolah Hukum
Wisuda Mahasiswa di Australia-image/Wake Forest University School of Law-Flickr

Dr. Gwilym Croucher dan Dr. Peter Woelert dari University of Melbourne menulis pengamatannya di pursuit.unimelb.edu.au tentang pertumbuhan sekolah hukum di Australia. Hal ini mulai terlihat sejak adanya perubahan kebijakan di era 1980 an. Setelah tiga dekade, studi hukum menjadi jurusan yang populer di Australia dan saat ini terdapat 7500 lulusan fakultas hukum setiap tahunnya (namun beberapa pihak berpendapat jumlah itu bisa mencapai 15 ribu mahasiswa).

Berdasarkan survey baru baru ini, terdapat 66 ribu solicitor dan sudah berkompetisi keta. Makanya dikuatirkan tidak dapat menyerap lagi semua lulusan baru yang akan berpraktik. Hal ini juga memicu pendapat Perdana Menteri Australia, Malcolm Turnbul yang mengatakan bahwa sebaiknya para mahasiswa mencari jurusan lain selain hukum. Tapi kontroversi tentang banyaknya pengangguran dari sekolah hukum tidak berakhir di situ saja.

Beberapa pihak berpendapat kalau sekolah hukum sebaiknya menjadi lulusan generalis seperti lulusan ilmu sosial. Pada 2018, semua universitas di Australia menawarkan jurusan hukum dengan titel Bachelor of Laws (LLB).

1x1.trans - Karena Perubahan Kebijakan Era 1980 an, Australia Sekarang Punya Banyak Sekolah Hukum
Grafik School of Law di Australia

Banyaknya sekolah hukum ini karena terdapat perubahan di struktur pendidikan dan populernya jurusan hukum diantara mahasiswa. Pada 1988, pihak pemerintahan federal Australia mereformasi sistemnya. Sehingga menghasilkan banyak sekolah hukum di Australia. Pada 1987, terdapat 10 dari 19 universitas yang menawarkan jurusan hukum dengan gelar LLB (sekitar 53 persen). Pada 1991, jumlahnya meningkat menjadi 17 dari 27 universitas menawarkan jurusan hukum (63 persen) dan pada 1996 menjadi 25 dari 36 universitas yang menawarkan jurusan hukum (69 persen).

Pada era 1980 an, delapan universitas yang kemudian disebut sebagai “group of eight” sudah menawarkan program jurusan hukum yang berdiri sendiri sebagai fakutlas hukum dengan gelar LLB. Tapi setelah era 1988, karena adanya perubahan sistem, beberapa universitas menawarkan bentuk organisasi baru untuk model pendidikan hukum, termasuk di dalamnya legal department yang menjadi satu bagian dari fakultas yang multidisiplin seperti jurusan ilmu sosial atau bisnis.

Namun demikian, pada 1996, model fakultas hukum menjadi bentuk baku bagi pendidikan hukum di Indonesia. Dengan makin berkembangnya jumlah universitas di Australia pada 1990 membuat pendidikan hukum menjadi populer di Australia. Pada saat ini terdapat sedikit kesempatan untuk bertumbuh pada pendidikan hukum yang ada di Australia dan sepertinya tidak aka nada perubahan model terbaru yang dapat diterpakan di universitas universitas di Australia. Maka jika ada pertumbuhan atau disrupsi, sepertinya hal itu datang dari luar lingkungan universitas.