Press "Enter" to skip to content

Perancis Merencanakan Usia Dewasa Secara Seksual Menurut Hukum Adalah 15 Tahun

Perancis merencanakan untuk memperbaiki batas usia dewasa secara seksual menurut hukum adalah 15 tahun. Ini berarti berhubungan seksual dengan seorang yang belum mencapai usia tersebut dapat dikategorikan sebagai pemerkosaan.

Seperti dikabarkan bbc.com, pemerintah Perancis telah memperoleh saran dari dokter dan para ahli hukum. Saat ini, jaksa di Perancis mesti membuktikan bahwa berhubungan dengan seseorang yang belum berusia 15 tahun dapat dikategorikan sebagai pemerkosaan.

Perubahan itu didasari oleh dua kasus yang terjadi dimana terdapat seorang anak perempuan berusia 11 tahun yang diperkosa oleh seorang lelaki. Berdasarkan aturan hukum yang berlaku, jika tidak terjadi ancaman kekerasan atau paksaan, maka pelaku hanya dapat dituntut dengan tuntutan rendah dan tidak masuk dalam kategori unsur pemerkosaan.

Hukuman maksimal yang dikenakan adalah 5 tahun penjara dan denda €75,000. Hukuman yang sama diberlakukan untuk serangan seksual secara minor dan non minor, akan tetapi tuntutan terhadap pemerkosaan dapat dijatuhi hukuman lebih berat.

Pihak pemerintah setuju untuk merubah batas usia tersebut sebagai bagian dari perumusan aturan tentang kekerasan dan serangan seksual. Diskusi yang muncul adalah tentang penerapan usia minimum yaitu 13 ataukah 15 tahun. Ini diusulkan oleh kelompok penentang kekerasan terhadap anak.

Penerapan batas usia itu akan memunculkan kesadaran kolektif dan agar setiap orang di Perancis mengetahui tentang apa yang legal dan ilegal. Pada November tahun lalu, ada terdakwa berusia 30 tahun yang dibebaskan oleh pengadilan. Karena pengadilan menetapkan bahwa korban yang berusia 11 tahun tidak mengalami unsur paksaan, ancaman, kekerasan atau keterkejutan.

Sedangkan di kasus lain, terdakwa yang berusia 28 tahun hanya dapat dituntut karena penyerangan seksual dan bukan pemerkosaan, setelah diketahui korban tidak mengalami serangan fisik untuk berhubungan seksual. Tapi kemudian putusan itu dibatalkan dan menyatakan kalau terdakwa mesti dikenakan tuntutan pemerkosaan.

Aturan hukum yang berlaku di beberapa negara eropa untuk penetapan batas usia dewasa secara seksual yaitu

Usia 14 tahun : Austria, Jerman, Hongaria, Italia, Polandia

Usia 15 tahun : Yunani, Polandia, Swedia

Usia 16 Tahun : Belgia, Belanda, Spanyol, Rusia

Usia 17 Tahun : Siprus

Sedangkan di Inggris usia yang ditetapkan adalah 16 tahun, tapi anak dibawah usia 13 tahun memperoleh tambahan perlindungan secara hukum yang menyatakan kalau mereka tidak diizinkan melakukan aktifitas seksual

foto credit : Perancis/irishtimes.com/arsip

Share your vote!


Do you like this post?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid
.

Copyright © 2020 Yuridis All Rights Reserved