redaksi April 6, 2016
startup legal garage innovation.uchastings.edu  - Startup Legal Garage Mereformasi Pendidikan Fakultas Hukum
Yuridis-startup legal garage-image/innovation.uchastings.edu/arsip

Berbicara tentang pembaharuan dan perubahan fakultas hukum seolah tidak pernah usai. Perubahan harus dilakukan untuk merawat wajah dunia supaya tetap segar. Kali ini yuridis.com mengulas tentang reformasi pendidikan di Fakultas Hukum di Amerika Serikat.

Berdasarkan lansiran dari hbr.org pembaharuan untuk perubahan dilakukan di beberapa fakultas hukum yaitu di University of California, Hastings College, and Clark Law School di Portland, Oregon, dan The University of Chicago Law School.

Perubahan yang dilakukan lebih dekat kepada penguatan teori di kelas dan praktik hukum di lapangan. Karena di Amerika Serikat saat ini memperoleh gelar JD bukanlah menjadi jaminan akan memperoleh karir yang stabil dan pendapatan yang tinggi. Semakin meroketnya tingkat pinjaman mahasiswa dan terbatasnya kesempatan kerja, mahasiswa Fakultas Hukum berada dalam rambu bahaya profesi hukum. Maka Fakutlas Hukum menjadi semakin penuh persaingan.

Secara khusus Presiden Obama telah menyarankan hal ini untuk mendiskusikan tentang kemungkinan penilaian kembali program kesarjanaan yang akan menggantikan masa tiga tahun belajar seperti halnya yang dilakukan oleh mahasiwa kedokteran, dimana mereka akan dirotasi kedalam beberapa praktik yang berbeda.

Saat ini dipandang pendidikan hukum memerlukan perubahan radikal. Untuk melakukan hal ini, perlu dipikirkan kembali bentuk standar fakultas hukum. Perubahan ini misalnya kelas yang diperlukan, karena saat ini, kecil sekali keterhubungan kelas dengan pekerjaan yang umumnya mahasiswa di Amerika menyukai pekerjaan sebagai pengacara.

Maka dari itu perlu pengukuran tentang pengalaman yang cukup sehingga menghubungkan mahasiswa dengan firma hukum dan praktik hukum, seperti halnya yang dilakukan oleh mahasiswa kedokteran.

Namun merevolusi pendidikan hukum tidak bermaksud untuk mengurung mahasiswa yang sudah terpilih ke dalam suatu kelas. Startup Legal Garage di University of California, Hastings College adalah satu program yang memberikan pencerahan baru terhadap pendidikan hukum, karena melibatkan mahasiswa kedalam pengalaman kerja yang nyata, dan juga menekan biaya pendidikan di fakultas hukum.

Startup Legal Garage mempunyai cara unik yang terstruktur. Profesor membimbing mahasiswa dengan mengajarkan soft skills dan kelas teori, dan juga mereka merancang program praktik dengan memasangkan mahasiswa dengan startup teknologi pemula dengan bantuan partner pengacara dari firma hukum. Kemudian pengacara yang membimbing mahasiswa itu akan mengawasi kinerja mahasiswa pada praktik hukumnya seperti kontrak karyawan, kerahasiaan pribadi dan bentuk badan usaha. Hal itu dirasa akan menempatkan mahasiswa kepada praktik hukum yang sebenarnya.

Di Amerika lazim juga untuk melakukan praktik kerja di musim panas, namun hal itu nampaknya hanya sesuai konsep learning by doing. Berbeda halnya dengan Startup Legal Garage memberikan model pengajaran yang berbeda daripada model magang sewaktu musim panas. Selain pembelajaran teori di kelas, mahasiswa juga akan mempresentasikan apa yang telah dikerjakannya sewaktu praktik, sementara profesor dapat secara perlahan membimbing sesuai tahapan dan menunjukkan bagaimana teori dapat diterapkan dalam praktik.

Lebih dari 100 mahasiswa telah mengikuti program ini selama dua tahun terakhir, dimana telah memberikan orientasi baru tentang pendidikan hukum untuk mengasah kemampuan mereka sebelum akhirnya mendaptkan pekerjaan mereka yang sesungguhnya. Salah satu lulusan program itu sekarang bekerja di firma hukum terkemuka di Silicon Valley, memberikan pendapatnya bahwa Startup Legal Garage telah memberikan banyak hal untuk praktik kerja dan hal ini berbeda daripada yang telah dikerjakan di fakultas hukum pada umumnya.

Sementara itu Lewis and Clark Law School di Portland, Oregon juga telah bekerjasama dengan pihak swasta dimana pihak fakultas bekerjasama dengan perusahaan lokal untuk mempekerjakan mahasiswa untuk praktik hukum. Maka pengalaman sebagai   in-house legal kemudian akan dikombinasikan dengan seminar dimana mereka akan berfokus sebagai corporate counsel.

The University of Chicago Law School juga bekerjasama dengan firma hukum Kirkland & Ellis telah membuat program yang disebut Kirkland & Ellis Corporate Lab Program, dimana memadukan teori di kelas dengan praktik hukum sebagai corporate legal sesuai dengan praktik yang sesungguhnya. Merubah wajah fakultas hukum tidak berarti memangkas proses pendidikan, namun mungkin akan berguna untuk merubah sesuatu. Bagaimana di Indonesia ?

Do you like this post?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid