Press "Enter" to skip to content

TitanFile, Mempermudah Database dan Komunikasi Legal Profesional

Pekerjaan sebagai profesional bidang hukum seperti in house legal counsel, notaris, pengacara bahkan dosen sekalipun memerlukan dokumentasi yang lengkap dan terstruktur dalam pekerjaannya. Jangan bandingkan dengan 10-20 tahun lampau saat urusan dokumen legal terkadang menjadi rumit dan repot dalam pengolahan dan pembahasannya. “Digital world” saat ini memudahkan untuk melakukan aktivitas file sharing, file download, dan meeting arrangement dapat lekas di update kepada rekan kerja atau klien. Maka istilahnya sudah tidak perlu menunggu 1 purnama untuk mempertanyakan review atau update terkini.

Startup bernama Titanfile ini berlokasi di Kanada, memberikan layanan keamanan dalam jaringan (online) untuk pola komunikasi lawyer – kliennya dan juga para profesional bidang hukum. Titanfile bahkan telah bekerjasama dengan Hitachi Solutions America Ltd untuk merilis produknya yang direncanakan pada Februari ini, sebagaimana laporan dari therecord pada (28/1/2014).

Sosok bernama Tony Abou-Assaleh, Presiden sekaligus CEO (Chief Executive Officer) dari Titanfile mengatakan bahwa peluncuran software keamanan untuk file sharing adalah bagian dari rencana perusahaan untuk meningkatkan revenue sebesar $1 juta pada tahun ini. Produk ini merupakan bentuk strategic partnership dengan Hitachi. Titanfile dan Hitachi mempromosikan produk ini pada event Legaltech 2014, yaitu suatu trade show dan konferensi tentang teknologi untuk komunitas bidang hukum, event ini digelar di New York pada 4-6 Februari lalu.

Menurut Abou-Asseleh software ini meningkatkan keamanan file sharing karena file dilakukan enkripsi sebelum di upload ke cloud (komputasi awan). Enkripsinya sendiri diproteksi dengan password  yang hanya diketahui oleh pengguna. Kemudian dia juga menjelaskan bahwa TitanFile platform memungkinkan komunikasi bisnis secara cepat dan aman hal ini karena ditambahkannya sistem keamanan yang menggunakan teknologi Hitachi Credeon.

Sudah menjadi berita yang jamak diketahui tentang pengintaian, pembajakan dan pencurian data, namun TitanFile tidak memberikan akses data kepada internet service provider (ISP), karena data dienkripsi oleh pengguna dan kemudian dikirimkan ke Titanfile.

“Bahkan jika server TitanFile dijadikan targer atau di hacked oleh pihak lain, mereka tidak dapat mengakses data yang telah dienkripsi dan enkripsi key  dikelola secara independen oleh sistem TitanFile” Kata Abou-Assaleh. Lebih lanjut dia menjelaskan bahwa jika pihak TitanFile ingin mengakses informasi, mereka juga tidak dapat melakukannya, karena tidak mempunyai enkripsi key. Pada level ini, dalam industri yang sejenis dengan TitanFile, tidak ada yang melakukan perlindungan seperti yang dilakukan TitanFile seperti saat ini.

Startup ini berharap bahwa produk terbaru ini dapat dipergunakan untuk sektor corporate law dan bisnis yang masih enggan untuk menggunakan sistem cloud computing service karena permasalahan keamanan data. Selain itu, potensi market juga akan ditargetkan penggunaan TitanFile pada sektor kesehatan, asuransi, dan keuangan.

Hal yang menarik adalah Titanfile dapat membagi file tersebut diluar jaringan organisasi, namun klien tetap dapat mengontrolnya dengan eknripsi key. Hal ini berbeda dengan pihak penyedia cloud based service lainnya yang hanya menyediakan client side untuk penyimpanan, bukan untuk jalur komunikasi dan file sharing. Menurut Abou Assaleh, pengacara dapat menggunakan produk ini untuk kemudahan berkomunikasi dengan kliennya dan pihak lain.

Berdasarkan informasi yang tersedia di laman TitanFile, untuk industri layanan jasa hukum seperti firma hukum menggunakan TitanFile dapat mempermudah komunikasi dan pekerjaan antara pengacara dengan kliennya.

Sebagai contoh, yaitu kemudahan tracking dokumen, terdapat juga pemberitahuan mengenai pihak yang melakukan download dokumen, kemudahan untuk melakukan audit serta fitur report dan data histori tentang interaksi pengguna termasuk pengiriman dan perolehan data. Dengan tampilan yang menyerupai jejaring social membuat komunikasi menarik dan atraktif. Maka dari itu nampaknya pola komunikasi melalui e-mail dan attachment file untuk dokumen dan update mungkin akan mulai bergeser jika firma hukum atau perusahaan menggunakan TitanFile.

Share your vote!


Do you like this post?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid
.

Copyright © 2020 Yuridis All Rights Reserved