Press "Enter" to skip to content

[Amerika]12 Aplikasi iOS Untuk Riset Hukum

Para pekerja hukum atau mahasiswa fakultas hukum tentu sudah lazim melakukan riset hukum, pencarian dan pengumpulan data menjadi mudah dilakukan pada saat ini dengan teknologi informasi yang makin canggih. Maka jika sekarang ini yang digunakan adalah smartphone atau tablet keluaran Apple sudah banyak aplikasi untuk riset hukum yang dapat diunduh di app store. Hanya saja umumnya aplikasi ini masih cenderung ditujukan kepada pengguna di Amerika Serikat, namun tidak ada salahnya untuk mengulik bermacam aplikasinya untuk memperkaya pengalaman.

  1. Black’s Law Dictionary

Meskipun harganya relatif mahal, namun aplikasi ini mudah dipergunakan daripada pengguna harus membawa versi cetaknya yang sangat tebal. Aplikasi ini memudahkan pengguna untuk menemukan definisi atau istilah hukum dimana saja dan kapan saja. Aplikasi ini sudah tersedia hingga edisi ke 9 dan merupakan kamus yang banyak dipergunakan oleh pekerja dan mahasiswa bidang hukum. Harga jualnya yaitu 54.99 Dolar AS.

blackslaw dictionary
Blacks Law Dictionary
  1. Cite Checker

Referensi hukum sekarang dalam genggaman anda, aplikasi ini memberikan kemudahan dalam menyusun kutipan untuk legal memorandum atau menyusun dokumen lainnya. Cite Checker menawarkan kemudahan pemakaian dan menyajikan secara ringkas rangkaian kutipan yang sudah disusun. Harga jualnya yaitu 2.99 Dolar AS.

Cite Checker
Cite Checker
  1. Court Directory

Aplikasi yang menampilkan informasi mendetail tentang hakim dan staf di pegadilan, Court Directory juga menyediakan informasi tentang struktur pengadilan pengadilan di Amerika Serikat. Harga jualnya 9.99 Dolar AS.

Court Directory
Court Directory
  1. Court Objections

Aplikasi ini menyediakan petunjuk secara cepat untuk membuat nota keberatan atau sanggahan di persidangan, selain itu juga terdapat daftar jenis jenis keberatan atau sanggahan sesuai dengan perkara tertentu. Pengguna juga dapat secara nyaman melakukan review terhadap materi keberatan sesuai kategori yang tersedia. Harga jualnya 2.99 Dolar AS.

Court Objection
Court Objection
  1. Fastcase

Aplikasi ini memberikan referensi yang berisikan perkara perkara hukum dan statuta dari seluruh 50 negara bagian dan pemerintahan federal. Pengguna Fastcase juga dapat mencari dengan menggunakan kutipan, kata kunci atau dapat juga dengan mengeksplorasinya secara menyeluruh. Aplikasi ini diberikan gratis.

Fastcase
Fastcase
  1. HeinOnline

Menyediakan akses ke data berbasis pdf yang terbesar untuk riset hukum, HeinOnline mempermudah pengguna iPhone dan iPad untuk mengakses konten melalui kutipan, eksplorasi konten berdasarkan edisi, navigasi konten melalui tabel konten serta menu pencarian konten tingkat lanjut. Aplikasi ini diberikan gratis.

Heinonline
Heinonline
  1. LawBox

Merupakan kombinasi dari referensi hukum dan pencarian, LawBox memberikan akses tercepat ke pencarian teks hukum yang tersedia di setiap perangkat mobile. Juga tersedia menu perpustakaan yang memungkinkan pengguna untuk mengunduh statuta negara negara bagian mulai dari Arizona, California, Delaware, Florida, Illinois, New York dan Texas serta mencakup hukum hukum federal. Pengembang LawBox juga akan menambahkan statuta dari negara federal lain yang belum disertakan.

Lawbox
Lawbox
  1. LawStack

Disebut sebagai perpustakaan hukum di “dalam saku” (namun mungkin banyak pengguna iPad akan merasa tidak nyaman), LawStack termasuk naskah dari Konstitusi AS, aturan hukum federal tentang prosedur sidang perkara perdata,aturan hukum federal tentang prosedur pengajuan banding, aturan hukum federal tentang pembuktian, aturan hukum federal tentang prosedur kepailitan dan aturan hukum federal tentang prosedur sidang perkara pidana. Aplikasi ini gratis, namun untuk mengunduh aturan hukum lainnya pengguna harus merogoh kocek mulai 1.99 Dolar AS hingga 9.99 Dolar AS.

Lawstack
Lawstack
  1. Nolo’s Plain English Dictionary

Jika anda menemui kesulitan dalam memahami Black’s Law Dictionary, cobalah aplikasi ini. Didalamnya terdapat ratusan istilah hukum yang dijelaskan dengan bahasa yang sederhana. Aplikasi ini juga menyediakan penjelasan dari perkara perkara yang menarik perhatian publik dan juga statuta, seperti New York Times v Sullivan dan Undang Undang Hak Sipil 1964. Aplikasi ini memberikan kemudahan dari A-Z kepada penggunannya juga kepada masyarakat umum yang bukan praktisi hukum untuk memperoleh informasi yang jelas tentang konsep atau istilah hukum. Aplikasi ini gratis diunduh.

Nolo's Plain Dictionary
Nolo’s Plain Dictionary
  1. OpenRegs

Aplikasi ini memungkinkan pengguna untuk melihat rancangan aturan hukum federal dimanapun, selain itu juga memudahkan pengguna untuk memonitor aturan hukum yang sedang dibahas maupun yang sudah final. Bahkan juga terdapat menu untuk membagikan rancangan aturan aturan itu kepada teman atau kolega melalui email. Aplikasi ini gratis diunduh.

OpenRegs
OpenRegs
  1. RuleBook

Didesain untuk memudahkan dalam melihat aturan hukum federal dan negara bagian secara cepat. Pengguna dapat mengunduh aplikasi ini dimanapun dan mengaksesnya secara cepat bahkan dalam posisi tidak terhubung ke sambungan internet sekalipun. Disediakan juga paket pembelian untuk aturan aturan hukum tertentu mulai dari 1.99 Dolar AS hingga 24.99 Dolar AS. Aplikasi ini sendiri dibanderol gratis.

Rulebook
RuleBook
  1. TrialEvidence

Disini tersedia jenis jenis alat pembuktian yang dihadirkan di persidangan. Aplikasi ini mencakup banyak alat bukti seperti tulisan tangan, tanda tangan, foto, rekaman suara dan rekaman video. Aplikasi ini dibanderol 1.99 Dolar AS.

TrialEvidence
TrialEvidence

 

sumber : lawtechnologynews.com

Share your vote!


.

Copyright © 2020 Yuridis All Rights Reserved