Press "Enter" to skip to content

[Afrika Selatan] Peringkat Bawah Soal Penegakan Hukum

Gallup menerbitkan hasil terkini tentang persepsi kejahatan dan kebijakan diantara 142 negara di dunia. Mereka melakukan lebih dari 1000 tatap muka dan wawancara telepon di tiap negara dengan total respon 148.000, dimana untuk memperoleh informasi tentang tingkat kejahatan di wilayah mereka, sejauh mana keamanan saat mereka berjalan kaki di jalanan, dan seyakin apa mereka tentang kemampuan polisi di wilayah mereka.

Gallup lalu menghimpun dan menyusun hasilnya dengan nilai skor, dan membuat indeks ranking di setiap negara dengan skor keseluruhan tentang penegakan hukum. Menurut sumber dari Gallup, mereka melihat kuatnya hubungan antara jawaban orang orang terhadap pertanyaan yang diajukan tentang keamanan dirinya dan pengalaman pribadi mereka dengan kejahatan, penegakan hukum dan tindakan terkait pengembangan sosial dan ekonomi. Maka hal itu akan mengilustrasikan seberapa tinggi tingkat kejahatan dapat menekan kohesi sosial dan secara negatif dapat mempengaruhi kondisi perekonomian.

Secara keseluruhan, Afrika Selatan menduduki peringkat 137, dengan skor penegakan hukum adalah 56 dibawah Mexico dan menduduki peringkat 6 terbawah. Negara negara lainnya di bawah Afrika Selatan adalah Liberia, Gabon, Sudan Selatan, Afghanistan, Venezuela., sebagaimana dikabarkan businesstech.co.za.

1x1.trans - [Afrika Selatan] Peringkat Bawah Soal Penegakan Hukum

Menurut survei Gallup, mayoritas masyarakat di dunia menunjukkan rasa puas dan yakin dengan kemampuan aparat kepolisian di negara masing masing dan merasa aman di negaranya. 1 dari 8 responden (13%) mengatakan mereka mempunyai masalah hukum terkait kasus pencurian dan 5 % mengatakan mereka pernah diserang atau dirampok.

Namun sebaliknya, di Afrika Selatan, hanya 31% warganya yang menyatakan mereka merasa aman di negara mereka sendiri, sedangkan separuhnya yang lain mengatakan mereka pernah merasakan kejahatan. Untuk soal kemampuan aparat kepolisian, hanya 60 % yang merasa yakin dengan kemampuan aparat kepolisiannya.

Buruknya penegakan hukum dan tingginya tingkat kejahatan di Afrika Selatan, juga menjadi sorotan dari Institute for Economic and Peace (IEP). Mereka menerbitkan 2018 Global Peace Index yang menunjukkan kalau reputasi Afrika Selatan adalah salah satu yang terburuk dan berbahaya di dunia.

Dalam indeks itu, Afrika Selatan menduduki peringkat 125, dari 163 negara yang dikatakan sebagai negara yang aman dan damai. Secara keseluruhan tentang keamanan masyarakat, Afrika Selatan menduduki peringkat 20 terbawah di dunia.

Ketika melihat tingkat pembunuhan, dilaporkan tercatat tingkat pembunuhan mencapai 33 orang per 100.000 populasi. Kemudian statistik dari Kepolisian Afrika Selatan juga menunjukkan kalau tingkat pembunuhan meningkat dan sekarang menjadi 36 pembunuhan per 100.000 populasi atau sekitar 57 kasus pembunuhan terjadi tiap harinya.

Share your vote!


.

Copyright © 2020 Yuridis All Rights Reserved