Press "Enter" to skip to content

[Australia] Sedang Dibahas Legislasi Consumer Data Right, Konsumen Akan Aman Membagikan Datanya

Australia berencana untuk segera mengegolkan soal pemberlakuan tentang open banking sebagai permulaan langkah untuk mewujudkan hak atas data bagi konsumen. Legislasi tentang Consumer Data Right akan segera diberikan kepada parlemen.

Consumer Data Right akan memberikan tiap individu dan pelaku bisnis kecil untuk bisa mengakses data mereka, melakukan kontrol dan hak untuk memberikan pengesahan terhadap data itu untuk dapat diteruskan kepada pihak lain yang terpercaya. Proyek pertama akan diberlakukan bagi sektor perbankan yang disebut dengan open banking, dan mulai bisa diberlakukan pada 1 Juli 2019.

The Australian Competition and Consumer Commission (ACCC), sebagaimana dikabarkan investordaily.com.au, akan menjadi bagian sebagai regulatornya untuk perubahan ini, bersama dengan Australian Information Commissioner, dengan suatu bentuk baru tentang Data Standards Body yang mengembangkan soal standar pemindahan dan keamanan data.

Banyak pihak telah memberikan usulan dan masukan kepada ACCC untuk legislasi itu termasuk juga sejumlah organisasi seperti ASIC, ABA dan juga terdapat empat bank besar di Australia. Pihak ANZ mengingatkan tentang syarat dan kondisi layanan yang akan diimplementasikan pada Juli nanti. Demikian juga pihak NAB yang mempersoalkan tentang mepetnya waktu persiapan, mereka merasa tidak cukup waktu untuk mempersiapkan soal hal yang membahayakan bagi data nasabah dan privasi.

Open banking disebut juga akan memperbolehkan konsumen untuk secara mudah membandingkan harga dan menukar layanan produk dan penyedianya yang berkaitan dengan hal yang mereka perlukan. Pihak pihak yang berkoalisi untuk mendukung legislasi ini berpendapat ada hal yang perlu diperhatikan pemerintah soal open banking, yaitu tentang permintaan pihak regulator atas ketersediaan data dan penggunaannya.

Dengan demikian, diharapkan selanjutnya akses yang lebih baik terhadap data akan mendukung proses menjadi lebih efisien untuk urusan bisnis dan berguna bagi konsumen. Peningkatan kompetisi dan inovasi layanan data akan mendukung pertumbuhan ekonomi dan menciptakan proses kerja bernilai tinggi di Australia. Jika sudah bisa diterapkan di sektor perbankan, selanjutnya akan diterapkan di sektor energi dan telekomunikasi.

Share your vote!


Do you like this post?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid
.

Copyright © 2020 Yuridis All Rights Reserved