Press "Enter" to skip to content

[Hongkong] AHK-IA, Di Sini Investasi Di Sana Laba

Urusan soal perjanjian investasi antara pemerintah Hongkong dan negara negara di kawasan ASEAN memperkenalkan perlindungan investasi dan transfer guarantees untuk investasi di negara seperti Vietnam, Laos, Myanmar, Singapore, Thailand dan Hongkong mulai 17 Juni 2019.

Investor dari Hongkong dan kawasan ASEAN akan menikmati perlindungan investasi yang fair, pantas, perlindungan penuh dan keamanan, kompensasi untuk pengambilalihan, kompensasi untuk kehilangan dan kerusakan terkait konflik bersenjata, pemberontakan sipil, revolusi, dan keadaan darurat, sebagaimana dikabarkan vantageasia.com.

Pemindahan lintas negara terkait perlindungan investasi akan memperbolehkan apa yang disebut dengan “freely and without delay”. Dalam hal untuk memperoleh kemanfaatan terkait dengan perjanjian AHK-IA, pihak investor mesti menerima persetujuan investasi dari otoritas yang berwenang  untuk investasi tersebut. Perlindungan investasi termasuk property, shares, stocks, bonds and debentures, intellectual property rights claim to money, claim to any contractual performance, business concessions with financial value.

Pemindahan secara lintas batas terkait investasi termasuk dalam hal seperti berikut ini :

  1. Kontribusi permodalan
  2. Profit, keuntungan capital, dividen, royalty, fee lisensi, perbantuan teknis, fee manajemen dan teknis, dan bunga
  3. Hasil dari keseluran atau sebagian penjualan, atau likuidasi
  4. Remunerasi kepada personel yang direkrut dari luar negeri
  5. Pembayaran yang dilakukan sesuai kontrak, termasuk kontrak pinjaman
  6. Pembayaran lainnya termasuk pengambilalihan, kompensasi untuk kehilangan dan kerusakan terkait konflik bersenjata, pemberontakan sipil, revolusi, keadaan darurat, atau pembayaran yang timbul dari penyelesaian sengketa

Pemindahan dilakukan dengan mata uang yang biasa dipergunakan, sesuai dengan tingkat pasar pertukaran. Meskipun demikian, kebebasan untuk pemindahan bisa saja dibatasi dalam hal bankruptcy or insolvency, securities trading, criminal offences, financial regulatory oversight, ongoing adjudication, taxation and social insurance and employee severance entitlements.

Beberapa terms lain dalam AHK-IA belum diputuskan, namun untuk petunjuk soal penyelesaian sengketa antara investor dan pemerintah akan ditentukan pada 17 Juni 2020, kecuali ada masa perpanjangan.

 AHK-IA akan berlaku kepada pihak penandatangan seperti Brunei Darussalam, Kamboja, Indonesia, Malaysia, dan Philipina, setelahnya akan diratifikasi oleh pihak penandatangan. AHK-IA adalah bagian dari proses integrasi ekonomi antara Hongkong dan ASEAN, yang diinisiasi oleh ASEAN, Hongkong, China Free Trade Agreement (AHK FTA).

AHK FTA berlaku mulai 11 Juni 2019 di Hongkong, Vietnam, Laos, Myanmar, Singapura dan Thailand dan akan mengurangi tugas pihak kepabeanan untuk bermacam industri seperti perizinan untuk akses pasar yang lebih besar dalam soal pelayanan.

Hongkong menduduki peringkat pertama sebagai investor terbesar di Vietnam pada 2019 dengan nilai investasi USD 5.08 triliun mulai Januari hingga Mei. Nilai ini diharapkan meningkat dan bertumbuh sesuai dengan kemanfaatan yang diperoleh investor dalam keberlakuan AHK-IA dan AHK FTA di tahun yang akan datang.
  

Share your vote!


Do you like this post?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid
.

Copyright © 2020 Yuridis All Rights Reserved