Press "Enter" to skip to content

[Inggris] Teknologi Membantu Tugas Polisi

Polisi di era penegakan hukum modern sekarang ini mesti memahami soal dilema etis data, robotik dan kecerdasan buatan. Ini adalah sebagian dari pernyataan Cressida Dick yang merupakan Commissioner of London Metropolitan Police Service di Lowy Institute, Sidney.  Menurut dia data adalah suatu perlengkapan vital tapi dengan catatan bahwa hanya untuk mempermudah manusia dalam pengambilan keputusan yang lebih baik.

Orang orang sekarang mulai kuatir dengan persoalan tersebut, ini karena adanya potensi bias dalam data atau algoritme seperti perangkat lunak pengenalan wajah secara langsung. Sekarang ini penegakan hukum di Inggris mengikuti tanggung jawab hukum yang ketat dalam kaitannya dengan retensi, penyimpanan, penghapusan dan keamanan data. Akan tetapi teknologi seperti robot dan kendaraan terautomasi memberikan tantangan tersendiri dimana belum dapat dimengerti dalam sistem hukum.  

Menurut Cressida Dick, hal ini berbeda dengan zaman dahulu dimana dia awal mula bertugas sekitar dari 36 tahun lalu. Pada suatu ketika di 1983, dia mempunyai catatan kejahatan dan sidik jari, upaya penyelidikan di kartu indeks dan DNA belum sebagai tools, maka jika memerlukan gambar dari tempat kejadian perkara mesti memanggil seorang fotografer.

Sekarang, kondisinya sudah berbeda, terdapat 22 ribu petugas yang menggunakan body-worn camera, dengan akses data kriminal di Inggris dan Eropa pada tablet mereka. Juga ditambah video yang diunggah oleh saksi, sebagaimana dikabarkan oleh smh.com.au.

Pada 2005, setelah serangan teroris, investigasi polisi terhadap tujuh serangan mengasilkan 4 terabit data, namun sekarang ini investigasi soal terorisme menghasilkan 81 terabit data.

Teknologi sudah menjadi instrumen dalam mengurangi kegagalan penegakan hukum, juga sudah mengurangi “waktu relevan” dalam penegakan hukum.  Yang dimaksud adalah, waktu yang diperlukan dimana seseorang terpapar radikalisasi, waktu untuk berkonspirasi, untuk menghasilkan uang dan bagian komponen lainnya. Ini karena suatu hal bisa terjadi secara cepat.

Share your vote!


Do you like this post?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid
.

Copyright © 2020 Yuridis All Rights Reserved