redaksi May 24, 2017
foodlaw - Kanada Mulai Memerlukan Pengacara Spesialis Pangan
Foodlaw-image/food.gsjameson.com/arsip

Bidang pangan adalah suatu bidang baru dalam ilmu hukum dan mulai mendapat banyak perhatian dari pembelajar ilmu hukum. Saat ini Kanada mulai memerlukan pengacara spesialis pangan dan beberapa pakar mulai menerbitkan publikasi dalam Wisconsin Law Review, diantaranya adalah Baylen Linnekin seorang profesor dari George Mason University dan Emily Broad Lieb yang merupakan Director of Harvard Law School’s Food Law and Policy Clinic.

Pada publikasi tersebut, Linnekin dan Lieb menerangkan perkembangan tentang hukum pangan yang merupakan bagian terpisah dari hukum agrikultur yang umumnya sering diasosiasikan dengan hukum pangan. Namun menurut mereka hukum pangan mempunyai banyak komponen keunikan sehingga mempengaruhi hukum dan regulasi dalam urusan bibit yang ditanam, pertumbuhan, produksi, pengiriman, pembelian, penjualan, pembagian, pengolahan dan lain sebagainya, demikian menurut pemberitaan dari huffingtonpost.ca.

Melihat perkembangan yang demikian itu, tentu saja perkembangan hukum pangan semakin menarik dan menantang. Mary Beth Albright, seorang pengacara pangan di Washington D.C, baru baru ini menulis di National Geographic menerangkan bahwa menjadi pengacara pangan memerluan banyak keahlian. Menurutnya pengacara pangan mesti bisa berpikir secara interdisiplin dan menggunakannya dalam beragam cara.

Dalam beberapa tahun terakhir, banyak institusi akademik di Amerika Serikat mulai membuat kursus dalam urusan konsep hukum pangan yang dipadukan dengan kelas LLM dan sertifikasi berdasarkan program hukum pangan. Institusi itu antara lain UCLA, Harvard, Arkansas, dan Michigan State.

Namun di Kanada, kondisinya berbeda dengan di Amerika Serikat atau di Eropa, umumnya di Kanada respon terhadap profesi dan program hukum pangan masih rendah.  Pada 2014, di University of Toronto Law School sudah dibentuk food law society yang mengadopsi model dari Harvard food law society. Bagi para praktisi hukum, ini adalah suatu hal yang bagus untuk mengembangkan keahlian profesional yang dapat menantang mahasiswa dan pengacara di Kanada untuk berpikir dalam peningkatan peranserta dalam sistem pangan dan aspek pangan lainnya.

Pengacara bidang pangan mewakili klien dari setiap sistem pangan di Kanada, sehingga mereka dapat melakukan pendekatan masalah dengan bermacam perspektif dan sejumlah keahlian yang diperlukan. Pengacara bidang pangan dapat secara efektif membantu dalam pembuatan kebijakan, mengedukasi klien atau membantu institusi lainnya.
Ini adalah suatu bidang baru yang masih dapat dikembangakan di kampus dan lingkungan profesional selain pengacara urusan kriminal, keluarga atau perusahaan. Banyak bidang hukum yang dapat dieksplorasi lebih jauh untuk memberikan kesegaran dimensi baru dalam karir bidang hukum.

Do you like this post?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid