Press "Enter" to skip to content

[Amerika Serikat] Hambatan Menghadang Peluncuran Facebook Crypto Project

Facebook Inc mengumumkan rencana ambisiusnya pada Juni lalu untuk meluncurkan global crypto currency yang disebut dengan Libra. Ini adalah bagian dari upaya Facebook untuk memperluas ke bisnis pembayaran digital yang mendapatkan perhatian tersendiri.

Media sosial raksasa itu terhubung dengan 28 partner termasuk Mastercard, PayPal dan Uber untuk membentuk Libra Association, berbasis di Jenewa yang akan mengatur tentang koin digital. Menurut keterangan pihak eksekutifnya, tidak ada pihak bank yang menjadi bagian dari grup itu.

Dikabarkan dari businessnewsaus.com.au, untuk memfasilitasi transaksi, Facebook juga membuat Calibra, suatu bagian yang akan menawarkan dompet digital untuk penyimpanan, pengiriman dan membelanjakan Libra. Calibra akan juga terhubung dengan platform Facebook messenger dan WhatsApp. Keseluruhan ekosistem itu akan diluncurkan pada semester pertama 2020.

Pihak eksekutif Facebook dan pihak lain yang tergabung dengan Libra mempunyai keinginan yang besar. Mereka berharap ini akan memperkuat transaksi diantara konsumen dan bisnis secara global, tapi menawarkan akses kepada konsumen yang tidak terakomodasi perbankan untuk dapat memperoleh layanan keuangan pada pertama kalinya. Facebook juga memperkirakan Libra dapat menyerap lebih banyak penghasilan di aplikasi, ini seperti yang sudah terjadi di sosial media di Tiongkok yaitu seperti WeChat.

Maxine Waters, chairwoman of the US House Financial Services Committee, memanggil eksekutif Facebook untuk memberikan pernyataan dihadapan kongres dan mereka diminta untuk menghentikan proyek Libra hingga lawmakers dan regulator sudah mereview proyek itu.

Pihak regulator, lawmakers dan pejabat pemerintah di seluruh dunia juga melancarkan pernyataan kritik. Menteri Keuangan Perancis mengatakan dia meminta kepada kepala bank sentral dari kelompok G7 untuk membuat laporan terhadap proyek itu pada pertengahan Juli. Pihak Facebook sendiri, menyatakan mereka akan segera menjawab pertanyaan dari lawmakers.

Di lain sisi pihak Facebook melalui Kevin Weil berharap proyek Libra itu dapat memberikan pihak regulator di tiap negara untuk dapat membicarakannya dalam perundingan. Pihak Facebook menginginkan pembicaraan produktif dengan regulator di seluruh dunia. Libra sendiri diambil dari kosa kata Romawi, yaitu pertanda astrologi untuk Justice dan kata dari bahasa Perancis untuk kebebasan. Freedom, Justice and Money adalah hal yang ingin dilakukan pihak Facebook dalam project itu.

Senator Amerika Serikat, Mark Warner yang juga duduk di Senate Banking Committee, menyatakan perhatiannya terhadap Libra. Facebook menggunakan kekuatannya di social networking untuk meraih dominasi di pasar yang berdekatan dengan mobile payments.

Sedangkan pihak Bank of England melalui gubernurnya, Mark Carney menyatakan mereka berpikir secara terbuka terhadap potential utility dari produk itu, namun dia menyatakan produk itu bisa saja menghadapi regulasi yang ketat. Di Swiss pihak pengawas keuangan mengatakan mereka telah menjalin kontak dengan inisiator proyek Libra namun menolak untuk berkomentar apakah hal itu sudah memperoleh persetujuan regulasi secara khusus demikian juga terhadap kejelasan statusnya.

Sedangkan ada juga pihak lawmakers dari Jerman di European parliament, Markus Ferber yang menyatakan bahwa koin Facebook itu mesti memperoleh perhatian serius dan meminta pihak European Commission untuk memulai membentuk regulatory framework untuk mata uang virtual itu. 

Share your vote!


Do you like this post?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid
.

Copyright © 2020 Yuridis All Rights Reserved