Press "Enter" to skip to content

[Amerika Serikat] Mengayuh Regulasi Sepeda Elektrik

Penjualan sepeda di Amerika Serikat per periode Agustus lalu mengalami kenaikan mencapai 28 % dalam jumlah unit dan 51 % value. Soal sepeda di Amerika Serikat terdapat tiga kelas untuk legislasi untuk e-bikes, eMTBs dan speed pedelecs.

Pada gelaran Eurobike Show Specialized, Bob Margevicius sebagai Board member of the Bicycle Product Suppliers Association (BPSA), memberikan update soal pasar sepeda elektrik di Amerika Serikat dan juga regulasi soal e-bike.

Sebagaimana dikabarkan bike-eu.com, soal pengembangan pasar e-bike di Amerika Serikat sekarang sedang ramai dengan bentuk uniform regulation yang didengungkan oleh beberapa negara bagian. Sedangkan di Eropa, sudah tidak perlu lagi dipertanyakan soal itu, karena bentuk uniform regulation sudah diterapkan di semua negara anggotanya. Berbeda dengan di Amerika Serikat dimana regulasinya tidak ditangani di level pemerintah federal tapi di pemerintah negara bagian.

People for Bikes” organisasi yang juga mendukung ekosistem bersepeda di Amerika Serikat, pada 2019 dimulai dengan sebelas negara bagian yang menggunakan model definisi 3 class e-bike. Pada 19 Juni lalu, 22 negara bagian sudah mendefiniskan e-bike dalam tiga kelas.

Bob Margevicius juga menyatakan bahwa pada tahun depan 17 negara bagian lain di Amerika Serikat ditargetkan untuk mulai merumuskan legislasi soal e bike. Maka kemudian pada akhir 2020, sebanyak 39 dari 51 negara bagian di Amerika Serikat sudah menerapkan legislasi yang sama soal e bike.

 Berkaitan dengan kategori electric mountain bike, regulasi yang diterapkan menjadi hal penting dalam bersepeda di kawasan kawasan taman hutan yang ada di Amerika Serikat. Kemudian diharapkan eMTB akan membuat kenaikan 50 % penjualan sepeda di Amerika Serikat.

Menurut Larry Pizzi, Chairman of the BPSA e bike committee, memberikan keterangannya pada maret 2018 di Taipei Cycle Forum, dimana proses pembuatan regulasi e bike di level negara bagian menerapkan soal persyaratan dan ketentuan. Keamanan produk diatur oleh pemerintah federal dibawah Consumer Product Safety Commission. Regulasi ini memperbolehkan pedal atau throttle yang dipergunakan sepeda mempunyai kekuatan maksimum 750 watts dan kecepatan maksimum 20 mph. Tidak ada kecepatan yang spesifik untuk dioperasikan apakah itu oleh manusia atau tenaga elektrik.

Berikut ini adalah model class system yang diterapkan untuk e bike :

Class 1 : pedal assist only ; kecepatan maksimum 20 mph

Class 2 : throttle assist only ; kecepatan maksimum tenaga elektrik 20 mph

(kedua kelas ini diatur sama dengan sepeda)

Class 3 : pedal assist only ; kecepatan maksimum 28 mph. Pada kelas ini, tambahan aturan diterapkan dalam penggunaan dan perlengkapannya

Share your vote!


Do you like this post?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid
.

Copyright © 2020 Yuridis All Rights Reserved