Press "Enter" to skip to content

[Australia] Pengadilan Menerima Cryptocurrency Sebagai Jaminan Biaya Perkara

Pengadilan pada distrik New South Wales baru baru ini telah diminta oleh pihak tergugat untuk memerintahkan kepada pihak penggugat untuk menaruh uang AUD 20 ribu ke rekening yang di bawah pengawasan pengadilan. Uang itu digunakan untuk menutup biaya hukum yang dikeluarkan tergugat jika penggugat kalah dalam perkara atau memutuskan untuk menarik kembali perkara hukum itu.

Australian Associated Press yang dikutip oleh bitcoin.com, mengabarkan kalau pengadilan menerima permintaan dari penggugat untuk menggunakan akun cryptocurrency yang dimilikinya untuk dipergunakan sebagai jaminan dalam biaya perkara hukum yang mungkin ditimbulkan. Akan tetapi pihak pengacara tergugat menyatakan meskipun akun dengan aset digital itu dapat disamakan dengan nilai dollar Australia, akan tetapi uang digital itu mempunyai nilai investasi tidak stabil yang tinggi.

Hakim Judith Gibson menyatakan, bahwa dia telah mempersiapkan untuk menerima bahwa cryptocurrency mempunyai nilai volatil. Meskipun demikian ini adalah suatu bentuk investasi juga, dengan menyatakannya dalam putusan pengadilan. Untuk meredakan permasalah soal aset digital itu, dia juga menerima sikap pihak penggugat yang akan menyediakan laporan bulanan terkait akun cryptocurrency itu kepada pengacara pihak tergugat.

Maka kemudian hakim melihat kebutuhan dari tergugat untuk menerima pemberitahuan seketika terhadap penurunan nilai aset digital itu. Penggugat juga diwajibkan untuk memberitahukan kepada pengacara tergugat jika nilai aset itu jatuh dibawah ekuivalen AUD 20 ribu. Kemudian ditambahkan bahwa pelanggaran terhadap perlakuan menyangkut aset digital itu dapat menuju kepada kesalahan pihak dan itu dapat disebut sebagai upaya contempt of court.

Membandingkan dengan negara lainnya di dunia, Australia telah melakukan upaya untuk mengatur crypto dan blockchain, sejak 2017 cryptocurrency seperti bitcoin mempunyai karakteristik tersendiri dan telah diperlakukan di Australia sebagai obyek yang dapat dikenakan pajak.

Maka, selain diperdagangkan, cryptocurrency juga menunjukkan pertumbuhan yang baik selama beberapa tahun belakangan. Sebutlah ada platform seperti Travelbybit, Hula dan Bitcoin Cash Register. Di Australia ada lembaga bernama Austrac sebagai analisis center yang bertanggungjawab untuk kebijakan penyelidikan keuangan dan  anti pencucian uang yang telah bekerja dengan baik selama hampir dua tahun.

Share your vote!


Do you like this post?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid
.

Copyright © 2020 Yuridis All Rights Reserved