Press "Enter" to skip to content

In House Legal Counsel Bagi Startup

Startup bisnis mulai hangat kembali diperbincangkan, setelah beberapa waktu lalu sempat senyap. Ada pihak yang optimis akan pertumbuhan dan perkembangannya, namun tidak sedikit pula yang pesimis. Hal yang lazim dalam suatu konstalasi bisnis.

Maka kemudian jika startup sudah berjalan baik dan memperoleh pertumbuhan yang baik pula, maka layak untuk diapresiasi ucapan selamat kepada founder dan timnya. Selain aspek bisnis, tentunya aspek legalitas dan segala hal terkait urusan hukum juga perlu diperhatikan. Maka apakah sudah dipikirkan dengan baik tentang kontrak bisnis yang telah dibuat, apakah sudah mencakup semua aspek bisnis? Bagaimana jika terdapat klaim dari pihak lain? Bagaimana founder mempertahankan reputasi perusahaannya?

Ini adalah beberapa pertanyan kepada pemilik bisnis, maka untuk memberikan layanan dalam bidang hukum, telah diluncurkan suatu startup bernama Daily General Counsel pada awal januari 2014 di Massachusetts, Amerika Serikat. Sebagaimana sumber dari boston.com, startup ini melayani jasa hukum dengan pola yaitu memberikan penugasan kepada pengacara untuk bekerja pada perusahaan dan bertindak seperti in house legal counsel selama 1 hari. Untuk tarifnya, dikenakan tarif flat yaitu $1.500 sehari.

Namun sepertinya Daily General Counsel tidak selalu dapat dipergunakan untuk setiap kebutuhan akan jasa hukum, karena ada beberapa hal yang memang memerlukan penanganan secara khusus oleh pengacara seperti ketika menghadapi litigasi. Namun permasalahan selain hal itu dapat ditangani dengan cepat dan bahkan hanya dalam 1 hari. Daily General Counsel biasanya menangani urusan kontrak bisnis dan perizinan perusahaan serta melakukan review terkait kebijakan tentang ketenagakerjaan agar sesuai dengan aturan hukum yang berlaku.

Founder Daily General Counsel sebelumnya menangani perusahaan perusahaan yang terkategori perusahaan besar hingga kemudian mendirikan startup ini. Pada saat ini mereka mempekerjakan 2 pengacara yang melayani jasa hukum yang diperlukan. “Setiap orang memulainya di garasi atau di dapur dengan passion” kata Jan Glassman, founder dari Daily General Counsel.

Seperti pernyataan Adam Korngold, yang memilki bisnis pencucian mobil di West Roxbury yang merupakan klien awal Daily General Counsel.  Saat itu Adam memerlukan partnership agreement untuk usahanya dan juga sales contract untuk para pelanggannya. Partnership agreement ini diperlukan karena dia juga menjual cash management software kepada perusahaan lain dimana software itu diperlukan oleh usaha pencucian mobil seperti yang dimilikinya. “Saya menyukai Daily General Counsel karena tarif flat dan juga memastikan pekerjaan yang dilakukan benar sesuai request dari klien” kata Korngold. Karena sewaktu menggunakan jasa Daily General Counsel, dirinya merasa puas akan cara kerjanya. “Mereka mengisi dan melengkapi dokumen dokumen, dan juga melakukan update serta mengklasifikasikan file file perusahaan dan hal itu dilakukan pada hari itu juga” kata Korngold lebih lanjut.

Tarif senilai $1.500 tidak berdampak signifikan untuk banyak bidang bisnis, namun jika tarifnya kurang dari $200 per jam, maka biasanya klien masih akan mempertimbangkan. Maka dari itu ada kemungkinan bagi mereka untuk tidak merekrut pengacara.

Perspektif, kerja dan semangat founder dan tim startup yang akan menentukan arah startup itu menapaki bisnis. Hal itu tidak hanya di Amerika Serikat, Kanada, Inggris, Jerman, Jepang, Korea Selatan, China, India, Singapore atau bahkan Indonesia, It’s already startup and don’t be startdown.

Share your vote!


Do you like this post?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid
.

Copyright © 2020 Yuridis All Rights Reserved