Press "Enter" to skip to content

Singapura Akan Meninjau Aturan Hukum Terkait Keamanan Siber

Pemerintah Singapura menjanjikan akan mengganti aturan hukum keamanan siber dan suatu tinjauan legislatif yang lebih luas sebagai bagian dari rencana untuk memastikan rencana kerja hukum di Singapura agar berjalan dengan baik untuk melawan kejahatan siber.

Komitmen untuk memperkuat legislasi dan rencana kerja penegakan hukum tertuang dalam national cybercrime action plan yang telah dipublikasikan oleh pemerintah Singapura.

Sistem penegakan hukum yang kuat, didukung oleh aturan hukum yang kuat dan efektif, akan membuat kepolisian Singapura secara efektif melakukan investigasi kejahatan siber dan memperoleh alat bukti yang berguna untuk penuntutan. Prosedur penanganan perkara pidana dan prosesnya mestilah cekatan dan efisien untuk menghadapi bermacam kejahatan siber jenis baru sesuai dengan tingkat kecepatan dan skala kejahatan siber tersebut. Hal ini termasuk juga rencana untuk memastikan bahwa aturan hukum akan tetap efektif dalam menghadapi kejahatan siber transnasional dan juga menghadapi perkembangan taktik dari penjahat siber.

Maka dari itu juga akan ditinjau aturan hukum lain yang masih berkaitan, seperti Singapore Criminal Procedure Code, untuk memastikan bahwa masih relevan untuk menangani kejahatan tradisional namun dijalankan dalam ruang siber.

Rencana untuk percepatan kerja pemerintah Singapura dalam kapasitas dan kapabilitasnya melawan kejahatan siber sudah dibuat. Mereka memasukkan rencana untuk kerjasama antara kepolisian Singapura dengan institusi pemerintah lainnya, menyediakan pelatihan untuk pejabat publik terkait isu siber dan membangun hubungan baik antara kepolisian dan kejaksaan dan juga institusi khusus yang disebut dengan Cyber Security Agency of Singapore, sebagaimana dilansir dari out-law.com (22/07/2016).

Pihak swasta juga akan dilibatkan dalam peran penting untuk menanggulangi kejahatan siber, demikian juga institusi pendidikan tinggi. Mengingat peran penting keduanya diperlukan untuk kerjasama yang baik, sehingga dapat saling berbagi informasi dan keahlian dalam penanganan kejahatan siber. Direncanakan aturan hukum terbaru tentang keamanan siber akan diterbitkan oleh pemerintah Singapura pada tahun depan.

Share your vote!


Do you like this post?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid
.

Copyright © 2020 Yuridis All Rights Reserved