Press "Enter" to skip to content

[Thailand] Regulasi IoT Diperkenalkan 2019

Thailand National Broadcasting and Telecommunications Commission (NBTC) merencanakan untuk mengenalkan seri regulasi yang mengatur tentang Internet of Things (IoT) pada 2019, sebelum kemunculan jaringan 5G. Untuk mewujudkan rencana itu, pemerintah Thailand secara serius sudah menyiapkan rancangannya pada awal tahun ini.

NBTC sudah mengklasifikasi regulasi dalam lima kategori, yaitu penomoran dan identifikasi, spectrum dan standard teknik, transmisi dan perijinan persaingan, keamanan dan privasi, dan juga tentang pengumpulan data dan kapabilitas produk dan sistem itu, sebagaimana dikabarkan telecomasia.net.

Namun, terdapat laporan yang menyebutkan kalau regulasi tentang IoT masih menunggu kejelasan akhir tentang regulasi perlindungan data pribadi, dimana akan digunakan untuk menentukan jenis data apa yang dapat dikumpulkan dan digunakan untuk tujuan tersebut dan terkait dengan kepentingan publik.

NBTC juga sudah menyetujui penggunaan device yang berada pada spectrum 400 MHz. Pada tahun lalu juga sudah disetujui penggunaan spektrum 920 MHz hingga 925 MHz untuk penggunaan konektivitas IoT yang tidak berlisensi.

Dalam hal penomoran, NBTC juga sudah menyetujui penggunaan 15 digit nomor untuk bisa dipergunakan yang sesuai dengan standar yang dikembangkan oleh ITU.  Regulasi tentang penomoran dan identifikasi akan mencakup hal tentang biaya, pendaftaran untuk penggunaan, kemudahan pemindahan nomor dan hal lainnya yang terkait.

Share your vote!


Do you like this post?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid
.

Copyright © 2020 Yuridis All Rights Reserved