Press "Enter" to skip to content

[Inggris] Zaman Kertas Perkara Sudah Lewat

Pada tiga tahun lalu, HMCTS mengenalkan rencana untuk transformasi sistem peradilan di Inggris melalui kerja paperless. Visi digital yang diajukan dalam sistem yang digagas oleh Lucy Fraser memperoleh sukses besar. Dikutip pernyataan Lucy Fraser sebagai berikut

“The Digital Case System is a great example of the benefit technology is bringing to our courts and tribunals. Not only has it saved a staggering amount of paper, but it is making a real difference to legal professionals up and down the country every single day.”

Menurut kabar lawyer-monthly.com, pengadilan dan klien sama sama berkepentingan dalam paperless hearing supaya efisien dan menghemat biaya. Kemudian firma hukum yang juga ingin mendemonstrasikan inovasi dan keunggulan kompetitif mereka, bisa unjuk gigi soal teknologi.

Berikut ini adalah keunggulan dari adanya digital working itu :

  • Lebih efisien dalam persiapan pre-trial, menghemat hingga 80% kerja paralegal
  • Penghematan besar dalam penggunaan kertas dan pencetakan
  • Persidangan yang lebih cepat (sekitar 10 %-25 %)

Persiapan perkara dimulai semenjak pengumpulan alat bukti dari eDiscovery tools, klien dan pihak lawan. Kolaboratif tools memudahkan pengacara untuk menyimpan bukti secara digital, berbagi akses diantara solicitors dan counsel, membuat dan berbagi catatan dengan timnya, menggunakan hyperlink untuk memetakan permasalahan dan kronologi perkara.

Ada juga dokumen yang disimpan lalu bisa dipergunakan lagi untuk konferensi perkara, kesaksian ahli, intelocutories dan juga persidangan cepat. Penyematan redaction tools akan menghemat waktu dan meningkatkan keamanan dalam perkara yang kompleks, seperti persaingan usaha tidak sehat, jajak pendapat publik, hingga eksploitasi anak. Maka dari itu pengacara dapat menghemat ratusan jam kerja dalam persiapan perkara.

Dalam soal bendel perkara, paralegal dapat menggemat 80 % waktu kerjanya. Ini karena mudah dalam mengkonstruksi bendel persidangan, adanya automatic hyperlink ke dokumen di indeks, menghemat waktu fotocopy dan juga soal printilan seperti waktu untuk membolak balik halaman.

Biaya yang dikenakan ke klien untuk single binder yang terdiri dari 200 halaman di CMC, klien akan membayar £200 atau lebih untuk pencetakan dan £400  untuk kerja paralegal.  Kemudian pada proses kerja di HMTCS dan Crown Prosecution Service, sistem digital membuat lebih efektif dan mengurangi penggunaan kertas. Menurut CPS, sistem digital telah menghemat 29 juta lembar kertas, mengurangi biaya stationery yang diestimasi mencapai £2.7 juta per tahun.

Untuk perkara yang belum diselesaikan dan masih berproses di luar waktu sidang, biaya yang dikeluarkan untuk leaders, juniors and solicitors minimal £5000 per hari. HMCTS juga mengeluarkan biaya sekitar  £2700 per hari.

Pengacara memperkirakan untuk persidangan elektronik pada setiap halamannya dia dapat menghemat waktu 30 detik, menghemat 24 menit dari setiap 4 jam waktu sidang per hari. Diperkirakan juga untuk 56.000 halaman dalam enam minggu sidang klien akan menghemat £42.500. Zaman kertas perkara sudah lewat dan sidang tetap berarti.

Share your vote!


Do you like this post?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid
.

Copyright © 2020 Yuridis All Rights Reserved